Written by 

Tantangan Pariwisata

Penerbit

Alfabeta (2014) 

Kontak Pemesanan

Phone              : (022) 200 8822

Email                : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website           : www.cvalfabeta.com

Pariwisata mengupas suatu perjalanan sebagai fenomena yang terkait isu global saat ini. Bagaimana pariwisata kemudian berdampak pada aktivitas ekonomi, sosial-budaya, dan lingkungan di sekitar kita? Melihat pariwisata sebagai tambang emas yang mensejahterakan atau justru mengeksploitasi? Bagaimana sustainable tourism development sepatutnya dipraktekkan?

Pada buku ini, Nurdiyansah memaparkan variasi isu kontemporer yang merupakan peluang dan tantangan bagi keberlangsungan industri pariwisata di masa depan. Berbagai topik dipaparkan dengan contoh kasus dan perspektif yang pula beragam, mulai dari isu konservasi warisan budaya (cultural tourism), perubahan iklim (eco-tourism & greenwashing), tren wisatawan muda (backpacker tourism), ketidaksetaraan gender (women traveler), kemiskinan (pro-poor tourism), bencana (risk disaster & crisis management), prostitusi (sex tourism), wisata kuliner (food tourism), persinggungan jurnalisme dan promosi (travel writing), hingga pengaruh internet maupun media sosial (e-tourism). Pariwisata pun semakin memantapkan dirinya sebagai industri paling berpengaruh bagi bisnis sekaligus keilmuan yang menyenangkan untuk dipelajari.

“Buku ini berbicara pariwisata sebagai isu global, tetapi (dengan) pembahasan lokal yang lebih dihargai. Semoga semakin matang dalam menggarap isu-isu tersebut.”

Prof. Dr. M. Yuwana Mardjuka, M.Si., akademisi & praktisi pariwisata

“Buku ini banyak memberi informasi yang bisa kita dapatkan mengenai etika berwisata, apa saja yang harus kita persiapkan, dan bagaimana nantinya kita berinteraksi dengan penduduk setempat yang sedikit banyak akan mempengaruhi sisi ekonomi dan budaya. Buku ini layak dibaca setiap orang yang ingin melakukan perjalanan agar perjalanan wisata yang kita lakukan bisa memberikan sisi positif dan mengurangi dampak negatif dari industri pariwisata, khususnya di Indonesia.”

M. Iqbal, independen konsultan bidang marketing

“Faktual dan good reference.”

Listyo S. Pratignyo, dosen dan Direktur Marketing Universitas Sahid

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6