Written by 

Potret PISL di Indonesia

(0 votes)

Judul                :Potret Perdagangan Ilegal Satwa Liar di Indonesia

Penulis             :

Nurdiyansah Dalidjo bersama Tim Perkumpulan SKALA dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Penerbit           :KLHK dan Perkumpulan SKALA (2016)


 

PISL atau perdagangan ilegal satwa liar di Indonesia telah lama terjadi dan - mungkin tanpa kita sadari - menjadi keseharian yang seringkali kita hadapi atau dianggap sebagai hal yang lumrah terjadi. Padahal, PISL merupakan tindakan kriminal yang dampaknya bukan hanya merugikan negara secara ekonomi, melainkan juga kerusakan ekologi dan budaya dari masyarakat kita sendiri.

Setiap tahunnya, Pemerintah Indonesia memperkirakan kerugian terhadap PISL mencapai Rp 9 triliun! Tentu saja, kerugian itu belum pula termasuk ke dalam kerugian pada potensi kepunahan jenis satwa tertentu yang tak dapat diukur dengan uang dan dampaknya secara menyeluruh terhadap ekosistem dan kehidupan manusia. Buku yang ditulis oleh Nurdiyansah dan kawan-kawan ini membahas secara mendalam tentang potret PISL di Indonesia. Bukan hanya memaparkan gambaran umum dan situasi terbaru perdagangan satwa liar saja, melainkan pula menelusuri lebih jauh pada dampak ekologi dan sosial, menelisik rente ekonomi dari PISL, membahas payung hukum dan kebijakan terkait, hingga mendorong upaya bersama untuk menghentikan perburuan dan perdagangan ilegal.

Proses pembuatan buku ini sepenuhnya didukung dan diterbitkan oleh KLHK melalui kerja sama dengan Perkumpulan SKALA yang menjadi tempat Nurdiyansah bekerja sebagai manajer riset dan publikasi. Bersama tim penulis lainnya, ia ikut terlibat sebagai peneliti sekaligus penulis. Keseluruhan proses buku tersebut juga melibatkan partisipasi dari banyak perwakilian NGO/LSM/OMS di bidang konservasi dan lingkungan serta berbagai aktivis, peneliti, akademisi, dan kelompok maupun individu lain yang terkait langsung dan tidak langsung dengan kerja-kerja terhadap perburuan dan perdagangan satwa ilegal.

socialshare

share on facebook share on linkedin share on pinterest share on youtube share on twitter share on tumblr share on soceity6